Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 81 - 82 Kegiatan 3 Bab 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 81 - 82 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 3 Jawablah pertanyaan berdasarkan cerpen “Tanah Air” karya Martin Aleida. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 81 - 82 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 3 Hal 81 - 82 Bab 3 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 81 - 82 Kegiatan 3 Bab 3

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 81 - 82 Kegiatan 3 Bab 3

Kegiatan 3 Jawablah pertanyaan berdasarkan cerpen “Tanah Air” karya Martin Aleida.

Soal
Setelah kalian membaca cerpen tersebut di atas, buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Setelah itu, diskusikan dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
 
1. Temukan arti kosakata di bawah ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
a. teduh
b. ganjil
c. tubir
d. igauan
e. membelenggu
f. kesengsem
d. titimangsa
e. buntalan
f. acuh tak acuh
g. terkungkung
Jawaban :
a. tenang; aman
b. lain daripada yang lain; tidak sebagaimana biasa; aneh; ajaib
c. tepi sesuatu
d. perkataan yang bukan-bukan; omong kosong; ocehan
e. ikatan (sehingga tidak bebas lagi)
f. menyukai
d. tanggal
e. bungkusan
f. tak peduli
g. terbelenggu, terkurung

2. Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini untuk menggali unsur-unur ekstrinsik berupa nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen “Tanah Air” karya Martin Aleida!

a. Nilai moral biasa disebut juga dengan etika, yaitu penilaian baik buruknya perilaku seseorang. Contohnya ada manusia yang jujur, rendah hati, punya integritas, punya kepedulian kepada sesama. Tunjukkan salah satu nilai moral yang terkandung dalam cerpen “Tanah Air” kemudian berikan bukti pendukungnya!
Jawaban:
  • Nilai moral: Kita harus meminta maaf apabila salah.
  • Bukti: “Tidakkah kau bisa menafsirkan sebutannya padamu itu sebagai tanda permintaan maaf. Bahwa kau adalah ayahnya yang baik. Bahwa kau tak pulang-pulang bukan lantaran kehendakmu.”

b. Nilai sosial berkaitan dengan bagaimana seorang manusia menjalin hubungan dengan manusia lain dalam suatu masyarakat. Interaksi yang terjalin dalam masyarakat tersebut kadang memunculkan nilai­-nilai kebaikan, kemanusiaan, sikap saling tolong, kadang juga konflik. Tunjukkan salah satu bentuk nilai sosial yang terdapat dalam cerpen “Tanah Air” kemudian berikan bukti secukupnya!
Jawaban:
  • Nilai sosial: Saling membantu
  • Bukti: “Tetangga, sanak-famili boleh acuh-takacuh, karena takut, namun gereja membukakan pintu untukku. Walau hanya bubungan gereja kecil. Di situlah aku tinggal sambil menunggu abaaba keberangkatan yang akan datang dari daratan impian.”

c. Nilai budaya berkaitan dengan kebiasaan atau tradisi yang berlangsung di suatu masyarakat yang mungkin tidak berlaku di masyarakat lain. Budaya tersebut mengikat masyarakat yang ada di dalamnya dan seharusnya dihormati oleh masyarakat yang tidak ada dalam lingkaran budaya tersebut. Contoh nilai budaya seperti suku Badui yang sangat memegang teguh ajaran pada sukunya seperti menggunakan pakaian hitam atau putih. Adakah nilai budaya pada cerpen “Tanah Air” karya Martin Aleida? Jika ada maka tunjukkanlah dan berikan bukti secukupnya!
Jawaban :
  • Nilai budaya: Penggunaan nama khusus pad ras tertentu.
  • Bukti: Tanah Air Indonesia. Kalau terjadi apa-apa tolong hubungi istriku, An Sui. Ini nomor teleponnya

d. Nilai politik berkaitan dengan bagaimana suatu masyarakat hidup dalam aturan dan ketentuan suatu negara dan pemerintahannya. Tunjukkan bagian dari cerpen “Tanah Air”yang merupakan nilai politik! Sertakan dengan buktinya!
Jawaban :
  • Nilai politik: Pergolakan politik di Tiongkok.
  • Bukti: “Menurut cerita kawankawannya itu pula, ketika Revolusi Kebudayaan membanjir di seluruh daratan Tiongkok, dia acapkali termenung, tak percaya akan apa yang dia saksikan.”

e. Nilai agama berkaitan dengan aturan dan ketentuan dari agamaagama yang ada yang nilainya berbeda antara masing­masing agama. Ketentuan atau aturan tersebut harus dipatuhi oleh para pemeluknya. Adakah nilai agama yang terdapat dalam cerpen “Tanah Air” karya Martin Aleida? Jika ada tunjukkan bukti kutipannya!
Jawaban :
  • Nilai agama: Nilai agama yang terkandung dalam cerpen “Tanah Air” adalah adanya agama tertentu yang dianut oleh tokoh yaitu agama Katolik atau Kristen.
  • Bukti: “Walau hanya bubungan gereja kecil. Di situlah aku tinggal sambil menunggu aba-aba keberangkatan yang akan datang dari daratan impian."