Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Ekonomi Kelas 11 Halaman 45 Asesmen

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ekonomi untuk Kelas 11 halaman 45 Pembahasan kali ini kita akan bahas Asesmen. yang ada pada buku paket Ekonomi Halaman 45 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Asesmen Hal 45 Ekonomi Kls 11
 
Kunci Jawaban Ekonomi Kelas 11 Halaman 45 Asesmen

Kunci Jawaban Ekonomi Kelas 11 Halaman 45 Asesmen

Asesmen

Soal
1. Dalam Undang-undang pemerintah diperbolehkan melakukan privatisasi. Apa yang kalian ketahui tentang privatisasi? Analisis sebab dan dampak pemerintah melakukan privatisasi BUMN!
Jawaban :
Menurut UU Nomor 19 Tahun 2003 perihal Badan Usaha Milik Negara, pengertian privatisasi adalah bentuk penjualan saham milik perusahaan perseroan yang termasuk BUMN, kepada pihak lain dalam upaya meningkatkan nilai perusahaan, memperluas kepemilikan saham dan memperbesar manfaat bagi negara maupun masyarakat.
privatisasi bagi negara adalah memperkuat pasar modal, sumber pendapatan negara dan perbaikan iklim investasi dan sektor riil. Masyarakat akan memperoleh manfaat kepemilikan perusahaan, lapangan kerja, perbaikan kualitas jasa dan produk serta partisipasi kontrol .

2. Sebelum menjalankan usaha, perlu dibuat rancangan dan persiapan yang matang agar usaha dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jelaskan hal apa yang paling harus diperhatikan dalam merancang suatu usaha!
Jawaban :
Faktor-faktor sebelum melakukan usaha
  • Rencana bisnis. Faktor pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan suatu usaha dalah rencana bisnis.
  • Modal dan keuangan.
  • Kondisi pasar.
  • Keberadaan pesaing.
  • Ketersediaan waktu.
  • Pola pikir positif.

3. Apa yang dimaksud dengan simpanan wajib? Jelaskan bagaimana status simpanan wajib tersebut apabila anggotanya mengundurkan diri dari keanggotaan koperasi!
Jawaban :
“Simpanan Wajib” adalah simpanan yang harus dibayarkan oleh calon anggota dan Anggota koperasi kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu.
Simpanan Pokok dan seluruh Simpanan Wajib akan dikembalikan jika anggota yang bersangkutan mengundurkan diri.

4. Koperasi digadang-gadang menjadi soko guru perekonomian Indonesia. Akan tetapi pada kenyataannya belum banyak koperasi yang berkembang sebagaimana seharusnya. Jelaskan bagaimana upaya yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah agar keberlangsungan koperasi tetap berjalan!
Jawaban :
Peranan pemerintah dalam gerakan koperasi antara lain, memberi bimbingan berupa penyuluhan, pendidikan ataupun melakukanpenelitian bagi perkembangan koperasi serta bantuan konsultasi terhadappermasalahan koperasi, melakukan pengawasan termasuk memberi perlindungan terhadapkoperasi berupa penetapan bidang kegiatan ekonomi yang telah berhasildiusahakan oleh koperasi untuk tidak diusahakan oleh badan usaha lainnya, memberikan fasilitas berupa kemudahan permodalan, serta pengembangan jaringan usaha dan kerja sama.Peran pemerintah ini sangat penting untuk perkembangan koperasi agar menjadi lebih baik lagi. Koperasi juga ikut dilindungi oleh pemerintah, agar apa yang telah dilaksanakan koperasi tidak dilaksanakan dengan bidang usaha lainnya. (sumber : Diponegoro Law Journal)

5. Apa dampak yang akan terjadi apabila fungsi manajemen tidak diterapkan dalam suatu organisasi atau badan usaha? Berikan pendapat kalian!
Jawaban :
Bila sebuah organisasi tidak menerapkan prinsip manajemen, maka organisasi tersebut akan sulit untuk mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan itu sendiri. Tidak adanya prinsip manajemen akan membuat organisasi berjalan pada arah yang salah dan tidak adanya fungsi untuk mengevaluasi capaian dari organisasi itu sendiri.