Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Ekonomi Kelas 11 Halaman 111 Asesmen

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ekonomi untuk Kelas 11 halaman 111 Pembahasan kali ini kita akan bahas Asesmen. yang ada pada buku paket Ekonomi Halaman 111 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Ketenagakerjaan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Asesmen Hal 111 Ekonomi Kls 11
 
Kunci Jawaban Ekonomi Kelas 11 Halaman 111 Asesmen

Kunci Jawaban Ekonomi Kelas 11 Halaman 111 Asesmen

Asesmen

Soal
1. Jelaskan mengapa terkadang pengangguran disebut sebagai “sumber daya yang tersia-siakan”!
Jawaban :
Pengangguran atau tuna karya merupakan istilah yang diberikan kepada orang yang tidak bekerja sama sekali atau orang yang sedang mencari pekerjaan. Pengangguran juga dapat diartikan sebagai sebuah situasi ketika seseorang tidak memiliki pekerjaan. rang yang tidak memiliki pekerjaan merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sebenarnya dapat dijadikan modal penting dalam melakukan kegiatan ekonomi.

2. Identifikasi keuntungan yang akan diperoleh apabila tingkat pengangguran mengalami penurunan!
Jawaban :
Jika pengangguran turun, maka masyarakat akan memiliki penghasilan. Sehingga memiliki daya beli yang tinggi. Maka roda perekonomian berputar dan berdampak ke sektor lain. Misalnya peningkatan daya beli terhadap pakaian, makanan dan lain-lain. Dengan berbelanja, maka perputaran uang meningkat. Maka sesuai dengan hukum ekonomi, perputaran uang akan meningkatkan perekonomian.

3. Mengapa upah di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda? Jelaskan dengan menggunakan konsep ketenagakerjaan dan pengupahan yang sudah kalian pelajari!
Jawaban :
Karena sektor usaha disetiap daerah itu berbeda2 jadi jika di kota ramai perusahaan itu sngat bnyak dan penduduknya pun banyak dan biaya hidupnya pun mahal maka upah pun besar dari pada kota kecil, begitu pun sebaliknya.

4. Diantara pengangguran friksional, struktural, dan siklis manakah dari ketiga jenis pengangguran tersebut yang paling sering kalian temui? Jelaskan berdasarkan pengalaman kalian masing-masing!
Jawaban :
Pengangguran konjungtur atau siklis Pengangguran konjungtur adalah pengangguran yang berkaitan dengan naik turunnya kegiatan perekonomian suatu negara. Misalnya, saat terjadi resesi atau depresi yang menyebabkan pemberi kerja memutuskan hubungan kerja kepada pekerjanya. Selama terjadi kemunduran di suatu negara tentu akan berakibat pada daya beli masyarakat yang turun. Akibatnya kegiatan ekonomi menjadi terhambat dan perusahaan pun merugi dan terpaksa memberhentikan pekerjanya.
Contoh : Sejumlah perusahaan melakukan PHK akibat dampak Covid-19 yang membuat perekonomian memburuk.

5. Apa peran yang dapat kalian lakukan dalam upaya untuk mengatasi pengangguran?
Jawaban :
Cara Mengatasi Pengangguran
  • Menyelenggarakan bursa pasar kerja.
  • Menggalakkan kegiatan ekonomi informal.
  • Meningkatkan keterampilan tenaga kerja.
  • Meningkatkan mutu pendidikan.
  • Mendirikan pusat-pusat latihan kerja.