Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Geografi Kelas 11 Halaman 100 Ayo Berpikir Kritis

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Geografi untuk Kelas 11 halaman 100 Pembahasan kali ini kita akan bahas Ayo Berpikir Kritis. yang ada pada buku paket Geografi Halaman 100 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Keragaman Hayati  ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Ayo Berikir Kritis Hal 100 Geografi Kls 11
 
Kunci Jawaban Geografi Kelas 11 Halaman 100 Ayo Berpikir Kritis

Kunci Jawaban Geografi Kelas 11 Halaman 100 Ayo Berpikir Kritis

Ayo Berpikir Kritis

Soal
1. Berdasarkan grafik diatas, hitunglah berapa persen rata-rata penurunan jumlah Harimau Sumatera sejak tahun 1970 hingga 2010?
Jawaban :
Pada awal 1970, banyaknya populasi Harimau Sumatera 1.000-an ekor. Dalam grafik tahun 2007 data terkahir, jumlah populasi diperkirakan 250-an ekor saja.
Dari 1970 - 2007, ada 37 tahun.
Sedangkan populasi dari tahun 1970 sampai 2007 berkurang 750-an ekor.
Sehingga rata-rata penurunan populasi sejak tahun 1970 - 2007 adalah, 750 ekor dibagi 37 tahun, sama dengan 20,27 ekor setiap tahun.
Maka persentase rata-rata pengurangan populasi adalah 20,27 ekor dibagi 750 ekor dikali 100 persen, sama dengan 2,7 persen.

2. Apa faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah Harimau Sumatera?
Faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah Harimau Sumatera terdiri dari :
Jawaban :
Jumlah populasi harimau Sumatera di habitat alam dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi akibat berkurangnya atau degradasi habitat (deforestrasi dan fragmentasi), perambahan, perburuan, perdagangan illegal, menurunnya satwa mangsa, dan konflik harimau dengan manusia.
habitatnya menjadi lebih sempit. Kurangnya hewan buruan (mangsa) dari harimau sumatera dikarenakan penggundulan hutan untuk perluasan perkebunan kelapa sawit.

3. Apa upaya yang paling tepat untuk mengatasi penurunan jumlah Harimau Sumatera?
Jawaban :
Melakukan penangkaran. Pada dasarnya cara yang satu ini juga merupakan salah satu cara melestarikan flora da fauna yang hampir punah. Penangkaran sendiri dapat dibagi menjadi dua, yaitu secara in situ dan eks situ.
Penetapan Satwa Langka dan Dilindungi
Melestarikan habitat harimau Sumatera.
Menindak pelaku perburuan harimau Sumatera.

4. Jika Harimau Sumatera dinyatakan punah, apa yang akan terjadi?
Jawaban :
Jika harimau tidak lagi ada, maka keseimbangan ekosistem akan terganggu. Jika keseimbangan ekosistem terganggu hidup manusia akan menghadapi masalah besar. Harimau merupakan predator tertinggi.
Selain itu, Harimau merupakan penjaga hutan yang menyediakan oksigen bagi manusia. Apabila Harimau Sumatera punah, maka ketersediaan oksigen akan berkurang.

5. Buatlah rumusan masalah berdasarkan artikel tersebut!
Jawaban :
Rumusan masalah :
- apa yang menyebabkan Harimau Bali punah dan Harimau Jawa tidak ditemukan lagi di habitatnya?
- bagaimanakah penurunan jumlah populasi Harimau Sumatera sejak 1970?

6. Bagimana solusi pemecahan masalah berdasarkan artikel tersebut?
Jawaban :
- Melestarikan Harimau yang masih tersisa
- Melestarikan Habitat Harimau
- melakukan pendataan yang jelas untuk mengetahui jumlah populasi Harimau Sumatera secara pasti.