Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 101 Aktivitas

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Sosiologi untuk Kelas 11 halaman 101 Pembahasan kali ini kita akan bahas Aktivitas. yang ada pada buku paket Sosiologi Halaman 101 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Konflik Sosial ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Aktivitas Hal 101 Sosiologi Kls 11
 
Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 101 Aktivitas

Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 101 Aktivitas

Aktivitas

Soal
jaklah teman-teman kalian membentuk kelompok yang terdiri atas empat peserta didik. Lakukan penelusuran di internet, buku, atau surat kabar mengenai tiga contoh konflik sosial. Kalian juga dapat memberikan contoh kasus konflik sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Selanjutnya, identifikasilah jenis konflik dari tiap-tiap kasus yang sudah kalian pilih pada tabel berikut.

Konflik Sosial Suku Sampit
Kasus ini terjadi karena Indonesia memiliki karakterisik negara berkembang dan beragam budaya, suku, serta agama.

Konflik Sosial Nusa Tenggara Barat
latar belakang perbedaan suku dan budaya yang terjadi disana.

Konflik Sosial Situbondo
Terjadi penghinaan terhadap agama islam dan terjadilah konflik.

Konflik Sosial Aceh
Aceh ingin membuat sebuah keputusan merdeka dari Indonesia sehingga dilakukan perundingan.

Konflik Sosial Pengusiran Mahasiswa di Yogyakarta
Kasus diusirnya mahasiswa yang mendukung kemerdekaan Papua Barat. Kondisi tersebut memantik emosi tinggi pada masyarakat Yogyakarta untuk mengusir mahasiswa dari Papua Barat.

Konflik Sosial di Jakarta 1998
Konflik sosial juga terjadi di Jakarta, menyangkut posisi kawasan sebagai Ibu Kota Negara. Pada 1998, konflik terjadi dengan munculnya penolakan masyarakat, mengatas namakan pribumi dengan mengusir dan melakukan tindak kriminal kepada etnis Tionghoa.
 
Konflik Sosial Lampung dan Bali
Hal yang melatar belakangi terjadinya kasus ini adalah adanya kesenjangan sosial terutama dari segi ekonomi, singkatnya kasus ini terjadi antara masyarakat asli dan masyarakat pendatang.