Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 53 - 55 Aktivitas

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Sosiologi untuk Kelas 11 halaman 53 - 55 Pembahasan kali ini kita akan bahas Aktivitas. yang ada pada buku paket Sosiologi Halaman 53, 54, 55 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Aktivitas Hal 53 - 55 Sosiologi Kls 11
 
Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 53- 55 Aktivitas

Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 53 - 55 Aktivitas

Aktivitas

Soal
Sebelum menjawab pertanyaan berikut, kalian perlu melakukan penyelidikan mengenai konsep gender. Lakukanlah penelusuran informasi melalui buku ataupun internet mengenai pengertian gender. Selanjutnya, ajaklah teman sebangku kalian untuk menjawab pertanyaan berikut berdasarkan literasi artikel di atas!

1. Apakah penyebab utama diskriminasi gender pada artikel?
Jawaban: Cara pandang pada stereotip peran gender menyebabkan adanya diskriminasi gender

2. Penulis tidak menunjukkan secara eksplisit “pihak” yang bertanggung jawab atas masalah diskriminasi gender pada artikel. Siapakah pihak yang dimaksud?
Jawaban: Pementintah, Semua Elemen masyarakat

3. Tahukah kalian bahwa kesetaraan gender masuk sasaran pembangunan berkelanjutan dunia atau Sustainable Development Goals (SDGs)? Mengapa kesetaraan gender penting diangkat dalam sasaran SDGs?
Jawaban: Ya, Kesetaraan gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan yang memiliki nilai tersendiri. Kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan memerintah secara efektif.

4. Berikan contoh masalah ketidaksetaraan gender yang ada di lingkungan sekitar kalian!
Jawaban:
  • Perempuan Tidak harus berpendidikan tinggi, Harus bisa memasak sedangkan Laki-laki Harus berpendidikan, Harus bekerja di luar rumah
  • Pekerjaan yang berkaitan dengan pembangunan (gedung, jalan, dsb) minim kontribusi perempuan karena perempuan dianggap lemah secara fisik dan psikologi, fungsi reproduksi perempuan dinilai akan menghambat pekerjaan (ketika perempuan haid, hamil dan menyusui)

5. Kemukakan ide/gagasan contoh partisipasi nyata yang dapat kalian lakukan di sekolah untuk membangun kesetaraan gender!
Jawaban :
  • Setiap individu perlu menghindari adanya sikap diskriminasi. Diskriminasi adalah adalah sikap membeda-bedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu.
  • mengajarkan anak2 yg hadir mengenai kesamarataan dan kesetaraan gender.
  • membangkitkan rasa kepercayaan diri kepada seluruh gender.
  • menumbuhkan rasa toleransi dan saling menghargai antar sesama.