Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!

Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12, 13, 14 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 1. Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah Nama-Nya. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban Pilihan Ganda dan Uraian ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

 

Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

6. Mengapa Allah itu al-Basir? Sebutkan bukti-buktinya!
Jawaban :
Allah SWT adalah Al-Basir karena Allah SWT Maha Melihat, tak ada satu apapun yang ada di dunia ini yang bisa luput dari pandangan Allah SWT, bahkan hal yang paling tersembunyi sekalipun akan nampak terang benderang di mata Allah SWT.
 
Bukti bahwa Allah SWT adalah Al-Basir sebagai berikut:
  1. Tidak ada usaha yang sia-sia sebab Allah SWT Maha Melihat ikhtiar sungguh-sungguh yang dilakukan hamba-Nya.
  2. Allah melihat semua perbuatan manusia, baik atau buruk yang kelak akan mendapatkan balasan walau nilainya hanya sebesar biji sawi sekalipun.
 
Pembahasan :

Adapun penjelasan masing-masing asmaul husna yang dimaksudkan pada soal adalah sebagai berikut:

  1. AL-ALIM, artinya adalah Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Memiliki Ilmu dan sebagainya. Al-Alim adalah sifat Allah SWT yang menegaskan ilmu-Nya tak terbatas sehingga Allah SWT Maha Mengetahui segala sesuatu, yang terang benderang juga yang tersembunyi, yang jauh juga yang dekat dan lain sebagainya.
  2. Al-Khabir, artinya adalah Allah SWT Maha Mengenal, Maha Mengetahui, Maha Teliti, Maha Waspada.
  3. As-Sami’ artinya adalah Allah SWT Maha Mendengar, tak ada yang luput dari pendengaran Allah SWT.
  4. Al-Basir artinya adalah Allah SWT Maha Melihat, tak ada satu apapun itu yang bisa luput dari penglihatan Allah SWT, baik itu yang ghaib atau yang tersembunyi paling rapat sekalipun.
 
Penutup
yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 12, 13, 14 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.