Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mengapa kita harus memiliki sikap empati?

Mengapa kita harus memiliki sikap empati?

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 120 - 123 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 8 Berempati Itu Mudah Menghormati Itu Indah. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Mengapa kita harus memiliki sikap empati?

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

2. Mengapa kita harus memiliki sikap empati?
Jawaban: 
Kita harus memiliki sifat empati karena manusia adalah makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Alasan mengapa sikap empati penting sebab dengan sikap ini seseorang akan berlaku terpuji kepada sesamanya dengan penuh kasih sayang sebab ia memahami betapa buruknya diperlakukan buruk.

Pembahasan :

Empati adalah keadaan mental yang membuat orang merasa dirinya dalam keadaan, perasaan atau pikiran yang sama dengan orang lain. Perilaku empati dapat diwujudkan dengan peka terhadap perasaan orang lain, membayangkan seandainya dia adalah aku, berlatih mengorbankan milik sendiri, dan membahagiakan orang lain.

Kita harus menghormati guru karena  

  1. Guru membentuk murid-muridnya menjadi manusia yang beriman, memahami baik dan buruk, berbudi pekerti luhur, dan menjadi orang yang bertanggung jawab, baik kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa, maupun negara.  
  2. Guru menjadikan murid-muridnya orang yang pandai dan memahami ilmu pengetahuan.
  3. Guru menjadikan murid-muridnya memperoleh kedudukan yang tinggi di hadapan Allah Swt.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 120 - 123 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.