Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan dakwah secara terang-terangan? Jelaskan!

Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan dakwah secara terang-terangan? Jelaskan!

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 72 - 74 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 5 Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah Swt. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan dakwah secara terang-terangan? Jelaskan!

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

5. Mengapa Nabi Muhammad saw. melakukan dakwah secara terang-terangan? Jelaskan!
Jawaban: 
Alasan nabi muhammad melakukan dakwah secara terang-terangan setelah melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi adalah karena turunnya surah al hijr ayat ke 94. Ayat ke 94 surah al hijr tersebut berisikan perintah agar nabi muhammad mulai berdakwah secara terang-terangan.
 
Pembahasan :

Alasan utama Nabi Muhammad melakukan dakwah secara terang-terangan dan tidak lagi melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi adalah karena turun ayat yang memerintahkan Nabi Muhammad untuk melakukan dakwah secara terang-terangan. Ayat yang turun kepada Nabi Muhammad dan memerintahkan Nabi Muhammad untuk melakukan dakwah secara terang-terangan adalah firman Allah dalam surah al hijr ayat yang ke 94. Lafadz dari firman Allah dalam surah al hijr ayat yang ke 94 adalah فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَاَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِيْنَ. Di mana terjemahan dari lafadz ayat tersebut dalam bahasa indonesia adalah Maka sampaikanlah (Muhammad) secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang yang musyrik.

Nabi Muhammad melakukan dakwah di kota mekkah selama kurang lebih 13 tahun. Dalam tiga belas tahun tersebut nabi muhammad melakukan dakwah dengan dua metode, edua metode yang Nabi muhammad lakukan tersebut yaitu

  1. Metode pertama adalah Nabi Muhammad melakukan dakwah dengan cara sembunyi-sembunyi. Di mana metode dakwah tersebut nabi jalankan di kota Mekkah selama kurang lebih 3 tahun lamanya.
  2. Metode kedua adalah Nabi Muhammad melakukan dakwah dengan cara terang-terangan. Di mana metode dakwah tersebut nabi jalankan di kota Mekkah selama kurang lebih 10 tahun lamanya.

Nabi Muhammad melakukan dakwah di kota Mekkah secara terang-terangan mulai dari turunnya firman Allah dalam surah al hijr ayat yang ke 94. Nabi Muhammad memulai dakwah di kota Mekkah secara terang-terangan dengan melakukan dan menyampaikan dakwah di salah satu bukit di kota mekkah. Nama bukti tempat awal Nabi muhammad melakukan dakwah di kota Mekkah secara terang-terangan adalah bukit shafa.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 72 - 74 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.