Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Orang yang memiliki sikap istiqamah akan melakukan perilaku...

Orang yang memiliki sikap istiqamah akan melakukan perilaku...

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 27, 28, 29 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 2 Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban Pilihan Ganda dan Uraian ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Orang yang memiliki sikap istiqamah akan melakukan perilaku...
Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

7. Orang yang memiliki sikap istiqamah akan melakukan perilaku...
A. sabar dan rendah hati
B. tekun dan ulet
C. selalu memaafkan
D. tidak sombong
Jawaban : 
A. sabar dan rendah hati
 
Pembahasan :
Yang disebut Istiqomah adalah konsisten dalam melakukan kebaikan, selalu ada pada jalan yang lurus sesuai sunnah Rasulullah tanpa menyimpang dari jalur tersebut. berpendirian teguh serta tidak goyah menghadapi ujian dalam mengharap Ridho ALLAH.

Dalam hal ibadah istiqomah sangat penting, karena banyak amalan ini yang fadhilahnya akan terasa bila dilakukan secara Istiqomah, seperti barang siapa yang istiqomah sholat 2 rakaat sebelum subuh maka mendapatkan yang lebih dari dunia dan seisinya. Istiqomah dalam membaca surah Al Mulk maka akan terlindung dari siksa kubur, dan masih banyak lagi.

Dalil mengenai Istiqomah, dalam al quran surah Fussilat ayat 30

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

________________________________________

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".

Kemudian sabda Rasulullah :

عَنْ عَمْرٍو وَقِيْلَ أَبِيْ عَمْرَةَسُفْيَانَ بْنِ عَبْدِاللهِ الثَّقَفِي رَضِيَ اللهُ عَنْهَ , قَالَ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ , قُلْ لِيْ فِيْ اْلإِسْلاَمِ قَوْلاً , لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًاغَيْرَكَ. قَالَ: قُلْ آمَنْتُ بِاللهِ , ثُمَّ اسْتَقِمْ . رواه مسلم

Dari Abu ‘Amr, dan ada yang mengatakan dari Abu ‘Amrah Sufyan bin ‘Abdillah ats-Tsaqafi Radhiyallahu anhu, yang berkata : “Aku berkata, ‘Ya Rasulullah! Katakanlah kepadaku dalam Islam sebuah perkataan yang tidak aku tanyakan kepada orang selain engkau.’ Beliau menjawab, ‘Katakanlah, ‘Aku beriman kepada Allah Azza wa Jalla,’ kemudian istiqomahlah.”

Nah kemudian, Yang disebut perilaku amanah adalah sifat dapat dipercaya dan dapat diserahi tanggung jawab bila berkenaan dengan hal menunaikan hak orang lain. Sebaik –baik menjalankan amanah adalah menjalankan amanah terhadap Rabb kita yaitu dengan mengikuti seluruh perintahNYA dan menjauhi laranganNYA. Dengan kata lain orang yang amanah berarti orang yang bertanggung jawab. Sesuai sabda Rasulullah :

“Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda: “Setiap kalian adalah pe- mimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban perihal rakyat yang dipimpinnya...” (H.R. Bukhuri dan Muslim) 

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 27, 28, 29 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.