Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Penentuan puasa awal Ramadan ditentukan melalui....

Penentuan puasa awal Ramadan ditentukan melalui....

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 209 - 211 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 11 Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Penentuan puasa awal Ramadan ditentukan melalui....

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

6. Penentuan puasa awal Ramadan ditentukan melalui....
a. keputusan tokoh masyarakat setempat
b. penelitian ahli astronomi
c. sidang isbat pemerintah
d. keputusan pengadilan agama
Jawaban: 
c. sidang isbat pemerintah
 
Pembahasan : 
Awal bulan ramadhan adalah awal bulan diwajibkannya ummat islam untuk berpuasa, 

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ وَانْسُكُوا لَهَا فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا ثَلَاثِينَ فَإِنْ شَهِدَ شَاهِدَانِ فَصُومُوا وَأَفْطِرُوا

artinya:
Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya dan sembelihlah kurban karena melihatnya pula. Jika -hilal- itu tertutup dari pandangan kalian, sempurnakanlah menjadi tiga puluh hari, jika ada dua orang saksi, berpuasa dan berbukalah kalian.

dari hadits diatas, dijelaskan bahwa yang menentukan awal bulan puasa (ramadhan) adalah apabila kita melihat hilal, sedangkan melihat hilal tidak semua bisa, sehingga di Indonesia ditetapkan sidang isbat pemerintah.

sidang isbat pemerintah adalah sidang untuk menetapkan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. di Indonesia dikenal sidang isbat adalah sidang dimana untuk menetapkan kebenaran peristiwa yang terjadi khususnya peristiwa melihat bulan (awal bulan) dengan teropong, dan hasil dari sidang adalah menetapkan kapan awal bulan ramadhan atau awal bulan syawal

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 209, 210, 211 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.