Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Sebutkan 4 kitab yang diturunkan Allah Swt.!

Sebutkan 4 kitab yang diturunkan Allah Swt.!

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 19 - 21 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 1 Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’ān Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Sebutkan 4 kitab yang diturunkan Allah Swt.!

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

3. Sebutkan 4 kitab yang diturunkan Allah Swt.!
Jawaban : 
Kitab-kitab Allah beserta nabinya yang wajib diketahui dan diimani adalah
  1. Kitab Taurat diwahyukan kepada Nabi Musa a.s.
  2. Kitab Zabur diturunkan Allah Swt kepada Eabi Daud a.s.
  3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
  4. Kitab Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
Pembahasan :       
Kitab secara bahasa berarti buku. Kitab secara istilah berarti wahyu Allah kepada para Nabinya yang disampaikan melalui malaikat jibril, dan menjadi pedoman hidup umat manusia, sebagai sumber segala hukum, dan penulisan serta susunannya sesuai dengan yang telah ditetapkan Allah.

Kepada para Nabi dan Rasul. Kitab Allah ada 2 macam, yaitu Shuhuf dan Mushaf.

Macam-macam shuhuf:

  • Adam mendapat 10 shuhuf.
  • Syits mendapat 60 shuhuf.
  • Khanukh mendapat 30 shuhuf.
  • Ibrahim mendapat 30 shuhuf.
  • Musa mendapat 10 shuhuf.

Macam-macam Mushaf (Kitab).

  • Taurah
  • Zabur
  • Inzil
  • Al-Qur'an

Kita diharuskan beriman kepada kitab-kitab Allah. Iman kepada kitab Allah adalah kita percaya adanya kitab Allah yaitu al-qur'an dan kita mempelajari isi kitab tersebut dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Di lingkungan sekolah : dalam Al-Qur'an kita diperintah membaca, maka karena kita beriman kepada kitab Allah, disekolah kita benar-benar niat belajar.

Di lingkungan keluarga : dalam Al-Qur'an diatur bahwa kita hendaklah menjaga keluarga kita dari api neraka, maka kita laksanakan kita ajak semua saudara kita dalam keluarga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Dalam lingkungan masyarakat : dalam Al-Qur'an diatur bagaimana kita seharus dalam masyarakat, maka hal itu kita terapkan dalam kehidupan kita di masyarakat.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 19, 20, 21 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.