Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Sebutkan manfaat dari ikhlas!

Sebutkan manfaat dari ikhlas!

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 203 - 206 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 13 Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Sebutkan manfaat dari ikhlas!

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

6. Sebutkan manfaat dari ikhlas!
Jawaban:     
Manfaat dari Ikhlas Menurut Syariat Islam
  • Hati menjadi tenang dan ibadah menjadi lancar.
  • Mendapatkan pahala dari Allah SWT.
  • Tidak mudah marah dan tidak diperdaya oleh amarah.
  • Menjadi manusia yang pemaaf.
  • Meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT.
  • Dijauhkan dari sifat-sifat buruk, misalnya iri, ujub, dan takabur.

Pembahasan : 
Perilaku tulus dalam kehidupan sehari-hari. Secara harfiah, ikhlas berarti tulus dan bersih. Sedangkan menurut istilah, ikhlas adalah melakukan sesuatu yang baik hanya dengan mengharap ridha Allah SWT. Bagi orang yang ikhlas, perbuatan baik tidak harus dikaitkan dengan pahala atau pahala, tetapi hanya menginginkan kebahagiaan Allah SWT. Jadi meskipun Anda tidak mendapatkan imbalan dari salah satu pihak, Anda akan tetap melakukan perbuatan baik.
إِلَّا الَّذِينَ تَابُوا وَأَصْلَحُوا وَاعْتَصَمُوا بِاللَّهِ وَأَخْلَصُوا دِينَهُمْ لِلَّهِ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الْمُؤْمِنِينَ ۖ وَسَوْفَ يُؤْتِ اللَّهُ الْمُؤْمِنِينَ أَجْرًا عَظِيمًا

 “Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar."  (QS. an-Nisa' : 146)

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 203, 204, 205, 206 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.