Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Sifat wajib bagi para rasul adalah ...

Sifat wajib bagi para rasul adalah ...

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VIII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 154 - 156 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 8 Meneladani Sifat-sifat Mulia Para Rasul Allah Swt. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Sifat wajib bagi para rasul adalah ... a. siddiq, amanah, tablig, dan fatahanah b. kazim, khianat, kitman, dan baladah c. wujud, qidam, baqa', mukhalafatu lil hawadisi d. iradhul basyariyah

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

6. Sifat wajib bagi para rasul adalah ...
a. siddiq, amanah, tablig, dan fatahanah
b. kazim, khianat, kitman, dan baladah
c. wujud, qidam, baqa', mukhalafatu lil hawadisi
d. iradhul basyariyah
Jawaban :
a. siddiq, amanah, tablig, dan fatahanah

Pembahasan :  
sifat wajib yang pasti dimiliki oleh nabi dan rasul, keempat sifat itu adalah Shidiq ( jujur ) , amanah ( dapat dipercaya ), tabligh  ( menyampaikan ) dan fathonah ( cerdas ). Dan ada 4 sifat mustahil yang ada pada nabi dan rasul, yaitu kidzib ( dusta ), khianat ( tidak bisa dipercaya ), kitman ( menyembunyikan ) dan jahlun ( bodoh ). Kali ini kakak akan menjelaskan pengertian dari 4 sifat wajib rasul.

1. Shidiq ( jujur ) , setiap nabi dan rasul yang ALLAH utus pastilah jujur, baik dalam perbuatan maupun ucapannya. Bahkan sifat kejujuran ini telah ada sebelum saat diwahyukannya tugas kenabian, sebagaimana Rasulullah terkenal sebagai orang paling jujur di mekkah, bahkan sejak beliau kecil.

2.  amanah ( dapat dipercaya ), nabi dan rasul harus bisa dipecaya dalam perbuatan maupun ucapannya. Baik secara batin maupun dzohirnya. Karena tidak ada satupun kelakuan seorang rasul tanpa maksud dari ALLAH

3. tabligh  ( menyampaikan ) , tidak ada satupu nrasul yang menyimpan wahyu untuk dirinya sendiri, ia pasti menyampaikannya kepada orang lain, karena inilah maksud dari tugas kerosulan, yaitu mengajak kepada ALLAH

4.  fathonah ( cerdas ), tidak ada satupun rasul yang bodoh, pastilah seorang rasul itu cerdas dan pintar, karena ujian kepada seorang rasul begitu berat, maka perlu untuk cepat menyelesaikan masalah denga kecerdasannya. Contohnya rasulullah , seorang pemimpin, panglima perang, pebisnis, politisi dan lain-lain.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 154, 155, 156 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.