Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Tulislah niat salat Asar pada waktu Zuhur di-jamak dan di-qasar!

Tulislah niat salat Asar pada waktu Zuhur di-jamak dan di-qasar!

Halo gaes kembali lagi diwebsite saya, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah kunci jawaban yang akan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas sekolah. Nah pada artikel kali ini saya akan bahas pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau PAI.

Untuk tingkat atau jenjangnya yaitu untuk Kelas VII SMP/MTs untuk ketentuan bukunya, soal-soal yang akan saya bahas kunci jawabannya ini terdapat dalam Buku Kemdikbud Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017.

Secara detailnya, saya akan bahas Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 153 - 155 Ayo Berlatih dan terdapat pada Bab 10 Islam Memberikan Kemudahan Melalui  Salat Jama' dan Qasar. Semoga dengan adanya artikel seputar kunci jawaban ini bisa membantu teman-teman atau siswa-siswa dalam mengerjakan Tugas Sekolah dan membantu para guru dalam memberikan pelajaran kepada muridnya.

Tulislah niat salat Asar pada waktu Zuhur di-jamak dan di-qasar!

Disclaimer : Kunci Jawaban yang saya tulis diwebsite ini tidak menjadi patokan pasti benar, saya hanya membantu dan silahkan cek lagi apabila jawaban yang saya berikan kurang memuaskan

 

Soal dan Jawaban :

9. Tulislah niat salat Asar pada waktu Zuhur di-jamak dan di-qasar!
Jawaban:  

Niat salat ashar yang dilaksanakan pada waktu dzuhur secara qashar dan jamak adalah:

  1. Lafadz niat salatnya dalam bahasa arab adalah: اُصَلِّى فَرْضَ ألعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا ِمَجْمُوْعًا اِلَی الظُّهْرِ أَدَاءًا لِلّٰهِ تَعَالَی.
  2. Latin niat salatnya adalah: ushalli fardhal ashri  raka'ataii qashran majmu'an  ilal  dzuhri ada`an lillahi ta'aala.
  3. Terjemahan lafadz niatnya di dalam bahasa Indonesia adalah:  sahaja saya salat ashar dua rakaat secara jamak dan qashar pada waktu dzuhur karena Allah ta'ala.
Pembahasan : 

Salat jamak merupakan cara pelaksanaan ibadah salat yang dilakukan dengan menggabungkan dua waktu shalat dan dikerjakan pada satu waktu shalat. Berdasarkan waktu dilaksakan shalat jamak tersebut maka shalat jamak dapat dibagikan menjadi 2 bagian yaitu:

  1. Shalat jamak takdim yaitu salah satu jenis salat jamak yang dilakukan atau dilaksanakan pada waktu salat yang paling awal seperti salat jamak dzuhur dan ashar dilakukan pada waktu dzuhur yang lebih awal bertemu.
  2. Shalat jamak takhir yaitu salah satu jenis salat jamak yang dilakukan atau dilaksanakan pada waktu salat yang paling akhir seperti salat jamak dzuhur dan ashar dilakukan pada waktu ashar yang lebih awal bertemu.

Penutup

yak itulah tadi pembahasan Kunci Jawaban PAI Kelas 7 Halaman 153 - 155 Ayo Berlatih. Jika sekiranya ada yang kurang jelas ataupun keliru, silahkan teman-teman berikan komentarnya dibawah. Dan mungkin sekiranya artikel ini membantu, silahkan teman-teman bagikan artikel ini lewat whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain.