Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 145 Ayo Kita Menalar

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 145 Ayo Kita Menalar

Selamat datang di artikel ini, di artikel kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 145 Ayo Kita Menalar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Ini merupakan salah satu bagian penting dari proses belajar mengajar matematika di sekolah, sehingga kita bisa memastikan bahwa kita sudah mengerti dan menguasai materi pelajaran yang diberikan. Jadi, mari kita mulai membahas kunci jawaban Matematika Kelas VII SMP/MTs Halaman 145.

Artikel ini akan membahas jawaban-jawaban dari soal-soal pada halaman 145 buku Matematika untuk kelas 7 SMP/MTs Semester 2 yang mengacu pada Kurikulum K13.

Kami berharap Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 145 ini dapat membantu para siswa memahami materi dengan lebih baik. Semoga informasi yang disajikan di sini dapat bermanfaat bagi para siswa dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan. Selamat belajar!.

Berikut adalah kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP Halaman 145 Ayo Kita Menalar, BAB 7 Garis dan Sudut 

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 145 Ayo Kita Menalar
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 145 Ayo Kita Menalar

 

Soal dan Jawaban

Ayo Kita Menalar

1. Setelah kalian melakukan kegiatan di atas. Kemudian untuk mengetahui besar sudut yang terbentuk dari posisi awal terhadap posisi hutan pada Masalah 7.1, lakukanlah tahapan-tahapan kegiatan berikut:
a. Coba cermati dengan teliti Gambar 7.29. Kita hendak menerapkan konsep sudut-sudut berpenyiku dan berpelurus dalam menyelesaikan masalah ini.
b. Berapa banyak pasangan sudut berpenyiku dan berpelurus pada Gambar 7.29 di atas? Berikan penjelasanmu untuk setiap jawaban yang kamu miliki.
c. Berilah nama/simbol untuk setiap sudut yang terkait dengan pertanyaan soal seperti tertera pada Gambar 7.29
d. Tentukan jumlah besar sudut antara sudut β dengan sudut σ dan sudut θ dengan besar sudut α. Kemudian tentukan jumlah sudut β + σ + θ
e. Bila perlu gunakan cara lain untuk mengetahui besar sudut yang terbentuk dari posisi awal terhadap posisi hutan dengan langkah- langkah yang menurut kalian lebih mudah!

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sudut berpenyiku dan berpelurus

Jawaban :

1. c. Semua posisi tempat yang disajikan pada gambar bersesuaian dengan arah mata angin. Oleh karena itu, besar sudut β + besar sudut σ = 90°. Demikian juga besar sudut θ + besar sudut a. Dari ke empat sudut tersebut, dapat kita pahami bahwa, sudut (β + σ + θ) berpelurus dengan sudut a, atau a = β + σ + θ = 115°.
    d. Dari uraian soal di atas diketahui a = 65°, σ = 35°. Sedangkan yang ditanyakan adalah β + σ + θ.  Dengan demikian dapat dicari sudut dari taman permainan ke hutan =β + σ + θ = 180 – 65 = 115.

2. Sudut berpenyiku dan Sudut berpeluru
  • Sudut berpenyiku merupakan dua buah sudut yang membentuk sudut siku - siku jika sudutnya dinyatakan dengan sudut A dan sudut B, maka sudut sudut A akan menjadi sudut penyiku bagi sudut B, sehingga sudut A dan B tersebut dinyatakan sudut yang saling berpenyiku. Besarnya sudut berpenyiku adalah 90°
  • Sudut berpelurus adalah dua buah sudut yang saling membentuk sudut lurus jika sudut ini dinyatakan dengan sudut X dan Y, maka sudut X akan menjadi sudut pelurus bagi sudut Y sehingga sudut X dan Y tersebut dinyatakan sebagai sudut yang berpelurus. Besarnya sudut berpelurus adalah 180°

 

Penutup

Dislaimer : Kunci Jawaban yang terdapat pada artikel kali ini tidak bertanggung jawab atas nilai teman-teman, disini kami hanya berusaha membantu para siswa mengerjakan tugas sekolah