Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Merangkum 7

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Merangkum 7

Selamat datang di artikel ini, di artikel kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 170 Ayo Kita Merangkum 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Ini merupakan salah satu bagian penting dari proses belajar mengajar matematika di sekolah, sehingga kita bisa memastikan bahwa kita sudah mengerti dan menguasai materi pelajaran yang diberikan. Jadi, mari kita mulai membahas kunci jawaban Matematika Kelas VII SMP/MTs Halaman 170.

Artikel ini akan membahas jawaban-jawaban dari soal-soal pada halaman 170 buku Matematika untuk kelas 7 SMP/MTs Semester 2 yang mengacu pada Kurikulum K13.

Kami berharap Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 SMP/MTs Halaman 170 ini dapat membantu para siswa memahami materi dengan lebih baik. Semoga informasi yang disajikan di sini dapat bermanfaat bagi para siswa dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan. Selamat belajar!.

Berikut adalah kunci jawaban Matematika Kelas 7 SMP Halaman 170 Ayo Kita Merangkum 7, BAB 7 Garis dan Sudut 

Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Merangkum 7
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 170 Ayo Kita Merangkum 7

Soal dan Jawaban

Ayo Kita Merangkum 7

Pengalaman belajar tentang garis dan sudut telah kalian lalui. Sekarang, cobalah tuliskan hal-hal penting yang menurut kalian sangat berharga dan kira-kira akan bermanfaat bagi kalian untuk belajar lebih jauh dengan menjawab pertanyaan berikut:

1. Apa yang kalian ketahui tentang garis dan ruas garis. Jelaskan.
2. Apa yang dimaksud dengan titik, garis, dan bidang?
3. Sebutkan ada berapa bayak kedudukan dua garis. Jelaskan.
4. Apa yang di maksud dengan dua garis yang saling sejajar, berpotongan, tegak lurus, dan berimpit?
5. Jelaskan hubungan dua garis yang saling sejajar, berpotongan, tegak lurus, dan berimpit.
6. Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian sama panjang
7. Apa yang kalian ketahui tentang membagi segmen garis
8. Apa yang dimaksud dengan sudut?
9. Apa juga yang dimaksud dengan besar sudut?
10. Sebutkan jenis-jenis sudut yang telah kalian pelajari. Jelaskan.
11. Sebutkan beberapa sifat garis yang telah kalian pelajari.
12. Sebutkan beberapa sifat sudut yang telah kalian pelajari.
13. Sebutkan ada berapa banyak hubungan antar sudut dan hubungan sudut-sudut pada dua garis sejajar beserta syarat berlakunya.
14. Bagaimana langkah-langkah melukis sudut istimewa?

Jawaban :

1. Dalam geometri terdapat beberapa istilah seperti titik, garis, bidang, dan ruang. Kumpulan dari titik-titik dapat membentuk sebuah garis, kumpulan dari garis dapat membentuk sebuah bidang dan kumpulan dari bidang dapat membentuk sebuah bangun ruang.

2. Suatu titik tidak memiliki besaran dan tidak berdimensi. Garis adalah himpunan titik-titik yang hanya memiliki ukuran panjang dan berdimensi satu. Sedangkan bidang adalah himpunan titik-titik yang memiliki ukuran panjang dan luas, sehingga dikatakan berdimensi dua.

3. Ada empat macam kedudukannya. Di antaranya, dua garis yang saling berpotongan, dua garis yang sejajar, dua garis yang saling berhimpit, dan dua garis yang saling bersilangan. Garis yang berpotongan itu terletak di bidang yang sama

4. sejajar = dua garis diketakan sejajar apabila kedua garis tidak memiliki persekutuan
berpotongan = dua garis dikatakan berptongan apabila kedua garis hanya memiliki satu titik persekutuan
tegak lurus = dua garis dikatakan tegak lurus apabila salah satu garis vertikal dan garis yang satunya lagi horizontal dan dua garis hanya memiliki satu titik persekutuan
berhimpit = dua garis dikatakan berhimpit apabila pada dua garis tersebut lebih dari satu titik persekutuan

5. Jika 2 garis sejajar, maka gradiennya sama.
Jika 2 garis berpotongan , maka gradiennya berbeda.
Jika 2 garis tegak lurus, maka m1 x m2 = -1
Jika 2 garis berhimpit, maka m-nya sama dan c-nya sama.

6. Membagi ruas garis menjadi beberapa bagian sama panjang dapat dilakukan dengan cara beberapa langkah yaitu
Buat garis yang akan kita bagi menjadi beberapa bagian sama panjang, misal garisnya garis AB
Buat garis lain yang melalui titik ujung garis AB dan tidak saling berimpitan, misal garisnya adalah garis AX, dengan panjang sesuai dengan banyaknya ruas garis AB yang mau dibagi, misalnya akan dibagi menjadi 5 bagian, maka panjang garis AX = 5 satuan
Bagilah garis AX menjadi beberapa bagian dengan panjang setiap bagian adalah 1 satuan dan beri nama titik-titik bagiannya.
Hubungkan garis X ke B dan buat beberapa garis yang sejajar dengan XB sebanyak bagian dari ruas garis AX sehingga berpotongan dengan garis AB
Terbagilah garis AB menjadi beberapa bagian yang sama panjang

7. Suatu garis dapat dibagi menjadi n bagian sama panjang atau dengan perbandingan tertentu.

8. Sudut adalah bentuk geometris yang dibentuk oleh perpotongan dua ruas garis. Sudut merupakan ukuran jarak rotasi yang dibandingkan dengan jarak linier.

9. Besar sudut dinyatakan dalam satuan derajat. Sudut juga disebut sebagai pertemuan antara kaki-kaki sudut yang dinamakan daerah sudut atau besar sudut. Sudut juga merupakan daerah yang dibatasi oleh dua sinar garis. Dua sinar garis itu bertemu di salah satu pangkalnya.

10. Sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumpul

11. Garis Sejajar.
Garis Berpotongan.
Garis Bersilang.
Garis Berimpit.

12. Sudut yang besarnya antara 0° dan 90° disebut sudut lancip. Sudut yang besarnya antara 90° dan 180° disebut sudut tumpul. disebut sudut refleks. – Jumlah dua sudut yang saling berpelurus (bersuplemen) adalah 180°. Sudut yang satu merupakan pelurus dari sudut yang lain.

13.

14.
 

Penutup

Dislaimer : Kunci Jawaban yang terdapat pada artikel kali ini tidak bertanggung jawab atas nilai teman-teman, disini kami hanya berusaha membantu para siswa mengerjakan tugas sekolah