Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka : Informatika Komputer dan Keterampilan Generik



Basbahanajar.com - Halo sobat basbahanajar, kali ini aku akan membagikan Kunci Jawaban Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka : Informatika Komputer dan Keterampilan Generik.

Kunci jawaban Informatika kelas 10 kurikulum merdeka adalah jawaban paling tepat sebagai bahan uji pemahaman kamu tentang konsep dasar dalam dunia informatika.

Dalam menjawab setiap soal, perhatikan dengan teliti dan cermat pilihan jawaban yang disediakan. Pilihlah jawaban yang menurut kamu paling tepat dan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. 

Di bawah setiap soal, Kamu akan menemukan jawaban yang paling tepat untuk memastikan pemahamanmu.

30 soal pilihan ganda Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka : Informatika Komputer dan Keterampilan Generik beserta jawaban yang paling tepat

1. Apa yang dimaksud dengan "informatika komputer"?

A) Ilmu tentang tumbuhan

B) Ilmu tentang hewan

C) Ilmu tentang komunikasi manusia

D) Ilmu tentang pengolahan informasi menggunakan komputer

Jawaban: D) Ilmu tentang pengolahan informasi menggunakan komputer


2. Apa tujuan utama dari keterampilan generik dalam dunia kerja?

A) Meningkatkan penggunaan teknologi komputer

B) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif

C) Meningkatkan kemampuan bermain game

D) Meningkatkan kemampuan bermain musik

Jawaban: B) Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif


3. Apa yang dimaksud dengan "pengolahan data"?

A) Menyanyikan lagu dengan baik

B) Mengubah data menjadi informasi yang berguna

C) Menggambar gambar dengan tangan

D) Menari dengan indah

Jawaban: B) Mengubah data menjadi informasi yang berguna


4. Keterampilan generik mencakup kemampuan seperti:

A) Memprogram komputer

B) Berbicara dalam bahasa asing

C) Menyanyikan lagu dengan indah

D) Menggambar gambar

Jawaban: B) Berbicara dalam bahasa asing


5. Apa yang dimaksud dengan "algoritma"?

A) Seni melukis

B) Langkah-langkah terperinci dalam menyelesaikan masalah

C) Mengambil foto dengan kamera

D) Membuat boneka tangan

Jawaban: B) Langkah-langkah terperinci dalam menyelesaikan masalah


6. Manakah dari berikut ini bukan termasuk dalam keterampilan generik?

A) Berkomunikasi efektif

B) Menyelesaikan masalah secara kreatif

C) Menguasai bahasa pemrograman

D) Berkolaborasi dalam tim

Jawaban: C) Menguasai bahasa pemrograman


7. Apa yang dimaksud dengan "debugging" dalam konteks pemrograman komputer?

A) Menari dengan ceria

B) Menganalisis masalah dan memperbaiki kesalahan dalam kode program

C) Menggambar gambar dengan tangan

D) Menyanyikan lagu dengan indah

Jawaban: B) Menganalisis masalah dan memperbaiki kesalahan dalam kode program


8. Salah satu keterampilan generik yang penting adalah "kemampuan beradaptasi". Apa artinya?

A) Kemampuan untuk tidak berubah

B) Kemampuan untuk mempertahankan pendirian

C) Kemampuan untuk berubah sesuai situasi dan tuntutan

D) Kemampuan untuk menolak perubahan

Jawaban: C) Kemampuan untuk berubah sesuai situasi dan tuntutan


9. Apa yang dimaksud dengan "perangkat lunak komputer"?

A) Bagian fisik komputer seperti keyboard dan mouse

B) Data dan informasi yang diproses oleh komputer

C) Program atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu pada komputer

D) Layar komputer

Jawaban: C) Program atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu pada komputer


10. Apa manfaat utama dari penggunaan spreadsheet dalam pemrosesan data?

A) Membuat presentasi grafis

B) Membuat gambar

C) Menghasilkan laporan keuangan

D) Memudahkan pengolahan data dan perhitungan matematis

Jawaban: D) Memudahkan pengolahan data dan perhitungan matematis


11. Manakah di antara berikut ini bukan merupakan contoh keterampilan generik?

A) Kreativitas

B) Bermain game

C) Kemampuan berpikir kritis

D) Berkomunikasi efektif

Jawaban: B) Bermain game


12. Apa yang dimaksud dengan "komunikasi efektif"?

A) Berbicara dengan cepat

B) Berbicara dalam bahasa yang sulit dimengerti

C) Berbicara dengan menggunakan bahasa asing

D) Berbicara dengan jelas dan dapat dimengerti oleh lawan bicara

Jawaban: D) Berbicara dengan jelas dan dapat dimengerti oleh lawan bicara


13. Salah satu tujuan utama penggunaan presentasi adalah:

A) Membuat perangkat lunak

B) Membuat gambar

C) Mengirim pesan teks

D) Mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada audiens

Jawaban: D) Mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada audiens


14. Manakah di antara berikut ini bukan merupakan contoh perangkat lunak?

A) Microsoft Word

B) Keyboard

C) Adobe Photoshop

D) Google Chrome

Jawaban: B) Keyboard


15. Apa yang dimaksud dengan "hardware komputer"?

A) Program atau aplikasi yang digunakan dalam komputer

B) Bagian fisik komputer seperti monitor, keyboard, dan CPU

C) Data dan informasi yang diproses oleh komputer

D) Layar komputer

Jawaban: B) Bagian fisik komputer seperti monitor, keyboard, dan CPU


16. Salah satu tujuan penggunaan email adalah:

A) Bermain game

B) Membuat gambar

C) Mengirim pesan teks

D) Berkomunikasi secara elektronik dan mengirim pesan kepada orang lain melalui internet

Jawaban: D) Berkomunikasi secara elektronik dan mengirim pesan kepada orang lain melalui internet


17. Manakah di antara berikut ini adalah contoh pengolahan data?

A) Menyanyikan lagu dengan indah

B) Mengubah data menjadi informasi yang berguna

C) Menggambar gambar dengan tangan

D) Menari dengan indah

Jawaban: B) Mengubah data menjadi informasi yang berguna


18. Apa yang dimaksud dengan "sumber daya manusia"?

A) Teknologi komputer

B) Manusia yang merupakan aset dan potensi tentang nilai-nilai dan keahlian yang dimiliki

C) Data dan informasi yang diproses oleh komputer

D) Program atau aplikasi yang digunakan dalam komputer

Jawaban: B) Manusia yang merupakan aset dan potensi tentang nilai-nilai dan keahlian yang dimiliki


19. Salah satu manfaat dari "internet" adalah:

A) Menyanyikan lagu dengan indah

B) Membuat gambar

C) Berkomunikasi dengan cepat menggunakan telepon

D) Mengakses informasi dan berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia melalui komputer

Jawaban: D) Mengakses informasi dan berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia melalui komputer


20. Apa yang dimaksud dengan "komputasi awan" (cloud computing)?

A) Menggambar di langit-langit

B) Menyimpan data dalam bentuk fisik

C) Menyimpan data dan program di komputer lokal

D) Menyimpan dan mengakses data serta program melalui jaringan internet

Jawaban: D) Menyimpan dan mengakses data serta program melalui jaringan internet


21. Salah satu contoh program pengolah kata adalah:

A) Microsoft Word

B) Microsoft Excel

C) Microsoft PowerPoint

D) Microsoft Access

Jawaban: A) Microsoft Word


22. Apa yang dimaksud dengan "e-commerce"?

A) Menyanyikan lagu dengan indah

B) Membuat gambar

C) Menggambar di langit-langit

D) Aktivitas jual beli secara elektronik melalui internet

Jawaban: D) Aktivitas jual beli secara elektronik melalui internet


23. Salah satu manfaat dari "pengolahan data" adalah:

A) Menggambar gambar dengan tangan

B) Menyimpan data dalam bentuk fisik

C) Mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna

D) Berbicara dalam bahasa asing

Jawaban: C) Mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna


24. Apa yang dimaksud dengan "komputer tablet"?

A) Komputer yang berukuran sangat besar

B) Komputer yang hanya bisa digunakan untuk bermain game

C) Komputer yang berbentuk seperti tablet obat

D) Komputer portabel yang memiliki layar sentuh (touchscreen)

Jawaban: D) Komputer portabel yang memiliki layar sentuh (touchscreen)


25. Salah satu manfaat dari "blogging" adalah:

A) Menari dengan indah

B) Menggambar gambar dengan tangan

C) Mengakses informasi di internet

D) Membagikan pikiran, opini, atau pengetahuan kepada audiens secara online

Jawaban: D) Membagikan pikiran, opini, atau pengetahuan kepada audiens secara online


26. Apa yang dimaksud dengan "virus komputer"?

A) Organisme mikroskopis

B) Program yang membantu komputer bekerja lebih cepat

C) Program berbahaya yang dapat merusak data dan sistem komputer

D) Tumbuhan yang tumbuh di dalam komputer

Jawaban: C) Program berbahaya yang dapat merusak data dan sistem komputer


27. Salah satu manfaat dari "presentasi" adalah:

A) Bermain game

B) Menggambar gambar dengan tangan

C) Menghasilkan laporan keuangan

D) Mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada audiens

Jawaban: D) Mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada audiens


28. Apa yang dimaksud dengan "pengolahan citra"?

A) Menggambar gambar dengan tangan

B) Menyimpan dan mengakses data serta program melalui jaringan internet

C) Mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna

D) Memanipulasi gambar atau foto menggunakan perangkat lunak khusus

Jawaban: D) Memanipulasi gambar atau foto menggunakan perangkat lunak khusus


29. Salah satu tujuan dari "pengolahan kata" adalah:

A) Menyimpan data dalam bentuk fisik

B) Mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna

C) Menggambar gambar dengan tangan

D) Menyanyikan lagu dengan indah

Jawaban: B) Mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna


30. Apa yang dimaksud dengan "sistem operasi"?

A) Program yang membantu komputer bekerja lebih cepat

B) Tumbuhan yang tumbuh di dalam komputer

C) Program yang mengendalikan dan mengatur seluruh aktivitas komputer

D) Program yang hanya bisa digunakan untuk bermain game

Jawaban: C) Program yang mengendalikan dan mengatur seluruh aktivitas komputer


Semoga soal dan Kunci Jawaban Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka : Informatika Komputer dan Keterampilan Generik dapat membantu kamu memahami konteks pelajaran dan memahami arti dari materi tersebut.