Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 6 Kegiatan 2 Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 6 Pembahasan kali ini kita akan bahas kegiatan 2 yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 6 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Mengenalkan dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Bab 1 Hal 6 Bahasa Indonesia Kls 11

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 6 Kegiatan 2 Bab 1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 6 Kegiatan 2 Bab 1

Kegiatan 2 Bab 1 Halaman 6

Soal
1. Pada teks di atas terdapat beberapa kosakata yang perlu dipahami artinya. Temukan arti kosakata berikut ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kemudian gunakan kosakata tersebut untuk menyusun kalimat baru yang berbeda dengan yang ada di dalam teks. Kalian bisa menggunakan tautan (link) berikut untuk menemukan arti kata-kata tersebut: https://kbbi.kemdikbud.go.id
a. basis
b. komoditas
c. replikasi
d. rasional
e. adaptasi
f. inisiatif
g. hayati

2. Salah satu produk pangan lokal yang ada di wilayah Indonesia Timur adalah sagu. Mengapa sagu merupakan produk pangan lokal yang sangat menjanjikan pada masa mendatang?

3. Apa saja upaya yang dilakukan untuk mengangkat jenis produk pangan sagu agar bisa diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat?

4. Mengapa sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan? Jelaskan disertai bukti!

5. Jika sagu adalah sumber pangan lokal di daerah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku, adakah sumber pangan lokal yang berasal dari daerahmu? Jelaskan bagaimana potensi sumber pangan lokal yang berasal dari daerah kalian tersebut dalam minimal delapan kalimat.


Kunci Jawaban 
1. Basis berarti dasar. Komoditas berarti barang dagangan utama. Replikasi berarti kemampuan virus membelah diri. Rasional berarti sesuai kenyataan. Adaptasi berarti menyesuaikan diri. Inisiatif berarti membuat kreatifitas. Hayati berarti mengenai hidup.
 
2. Sagu bisa dikembangkan sebagai salah satu sumber makanan alternatif sekaligus lumbung pangan hidup karena bentuk pohon ini dapat bertahan lama.
 
3. Dengan melakukan pengembangan produk pangan sagu dengan tren makanan saat ini agar bisa diterima dengan masyarakat.
 
4. Sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan karena proses pembuatannya masih alami dan terhindar dari bahan kimia.
 
5.  Potensi sumber pangan lokal yang berasal dari Sulawesi Tengah yaitu jagung, ubi kayu, ubi jalar, pisang, dan sagu. Pangan tersebut merupakan diversifikasi atas sumber pangan non beras sebagai bentuk gerakan mengurangi konsumsi beras. Diversifikasi pangan bisa dilakukan secara bergilir.