Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 77 - 78 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 11 halaman 77 - 78 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 2 unit 1 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 77 - 78 , Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 2 Hal 77 - 78 PPKN Kls 11

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 77 - 78 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 1

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 77 - 78 Uji Pemahaman Bagian 2 unit 1

Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 2 Halaman 77, 78

Soal
a. Apakah yang dimaksud dengan konstitusi?

b. Apa fungsi dari konstitusi?

c. Bagaimana sejarah terbentuknya konstitusi Indonesia?

d. Bagaimana pandangan Soepomo tentang pentingnya konstitusi?

e. Pesan moral apa yang dapat kita gali dari sejarah konstitusi Indonesia?
 
Kunci Jawaban 
a. Istilah konstitusi dalam banyak bahasa berbeda-beda, seperti dalam bahasa Inggris ”constitution”, dalam bahasa Belanda ”constitutie”, dalam bahasa Jerman ”konstitution”, dan dalam bahasa Latin ”constitutio” yang berarti undang-undang dasar atau hukum dasar. Jadi, konstitusi merupakan hukum dasar tertinggi yang memuat hal-hal mengenai penyelenggaraan negara. Dalam ungkapan lain, konstitusi adalah kerangka kerja (framework) dari sebuah negara yang menjelaskan tentang bagaimana menjalankan dan mengorganisir jalannya pemerintahan.
 
 b. Undang - Undang Dasar mempunyai fungsi yang khas, yaitu membatasi kekuasaan pemerintahan agar penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Dengan demikian, diharapkan hak-hak warga negara akan lebih terlindungi. Gagasan ini disebut dengan Konstitusionalisme. 
    Konstitusi Indonesia dikenal sebagai revolutiegrondwet, yang bermakna bahwa UUD 1945 mengandung gagasan revolusi yang berwatak nasional dan sosial. Tujuannya adalah dekolonisasi dan perubahan sosial ke arah terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
 
 c. UUD 1945 dirancang sejak 29 Mei hingga 16 Juli 1945, bersamaan dengan rencana perumusan dasar negara Pancasila oleh Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Pada 18 Agustus 1945 atau sehari setelah ikrar kemerdekaan, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengadakan sidangnya yang pertama kali dan menghasilkan beberapa keputusan penting, seperti pengesahan UUD 1945 yang diambil dari RUU yang disusun oleh perumus pada 22 Juni 1945 dan juga dari Panitia Perancang UUD tanggal 16 Juni 1945; memilih ketua persiapan kemerdekaan Indonesia Soekarno sebagai presiden dan Hatta sebagai wakilnya.
 
d. Penjelasan Soepomo, antara lain mengenai betapa pentingnya memahami proses penyusunan Undang-Undang Dasar. ”Paduka Tuan Ketua! Undang-Undang Dasar negara mana pun tidak dapat dimengerti sungguh-sungguh maksudnya Undang- Undang Dasar dari suatu negara, kita harus mempelajari juga bagaimana terjadinya teks itu, harus diketahui keterangan-keterangannya dan juga harus diketahui dalam suasana apa teks itu dibikin. Dengan demikian kita dapat mengerti apa maksudnya.
 
e. Dengan memahami konstitusi secara benar, dapat menghindarkan generasi muda dari perilaku koruptif dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab, pemahaman yang kurang terhadap konstitusi menjadi penyebab maraknya praktik korupsi dewasa ini.


Istilah Penting

1. Konstitusi:
Artinya: Hukum dasar tertinggi yang memuat hal-hal mengenai penyelenggaraan negara.

2. Revolutiegrondwet
Artinya: UUD 1945 mengandung gagasan revolusi yang berwatak nasional dan sosial.

3. Konstitusi tertulis
Artinya: Aturan-aturan pokok dasar negara, bangunan negara, dan tata negara yang mengatur perikehidupan satu bangsa di dalam persekutuan hukum negara.

4. Konstitus tidak tertulis
Artinya: Kebiasaan ketatanegaraan yang sering timbul dalam sebuah negara.

5. UUD 1945
Artinya: Naskah yang memaparkan rang dan tugas-tugas pokok dari badan-badan pemerintahan suatu negara dan menentukan pokok-pokok cara kerja badan-badan tersebut.

6. BPUPKI
Artinya: Suatu badan bentukan Jepang yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

7. PPKI
Artinya: Suatu badan yang memiliki tugas melanjutkan pekerjaan BPUPKI yang sudah dibubarkan oleh Jepang. PPKI merupakan singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

8. MPR
Artinya: Sebuah lembaga negara yang sederajat dengan lembaga-lembaga negara lainnya karena saat ini sudah tidak ada sebutan lembaga tinggi negara.